Monday, November 30, 2015

Indonesia Calon Raksasa Ekonomi Dunia!

www.AstroDigi.com Liputan6.com | Indonesia dan Meksiko diprediksi mampu menggantikan posisi Rusia dan Italia sebagai bagian dari 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Menurut proyeksi dari Economist Intelligence Unit (EIU) butuh waktu 35 tahun lagi bagi dua negara tersebut untuk bergabung dengan China, AS dan India yang berada di peringkat tiga besar.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Rabu (24/6/2015), China, negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia juga diprediksi akan mengambil alih posisi AS sebagai raksasa ekonomi dunia pada 2026. Sementara itu, India dan China bahkan akan lebih kaya daripada Indonesia, Jerman, Jepang, Brasil dan Inggris.

Mengenai pendapatan per kapita, China diproyeksi hampir mengalahkan Jepang pada 2050. Sementara itu kemampuan belanja negara di India akan meningkat hingga 24 persen pada tahun yang sama.

Angka tersebut mengalahkan potensi belanja konsumen AS yang hanya tiga persen saja. Sementara itu, Asia akan mampu berkontribusi sekitar 53 persen dari produk domestik global pada 2050 dengan penurunan kontribusi dari kawasan Eropa.

Tapi untuk peningkatan populasi usia kerja produktif, Afrika dan Timur Tengah merupakan jawaranya. Sebagian besar penduduk Eropa dan Asia Timur akan mencatatkan penurunan jumlah tenaga kerjanya.

China dan Korea Selatan diprediksi dapat mengalami kontraksi pasar tenaga kerja sekitar 17 hingga 18 persen. Sementara jumlah tenaga kerja di Yunani, Portugal dan Jerman diprediksi menurun hingga lebih dari seperlimanya.

China dan India diprediksi akan mengalami peningkatan kekuatan ekonomi yang luar biasa dengan kemampuan politikal yang handal.

"Dengan ekonomi China dan India, mereka akan memainkan peranan besar dalam tatanan global seperti pengelolaan ekonomi global, keamanan internasional dan perubahan iklim," ungkap para analis dalam laporan EIU.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...