Friday, April 22, 2011

Petinju Tua Indonesia Mampu Kanvaskan Juara Dunia WBA


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Kamis, 21 Apr 2011 | Petinju veteran Muhammad Rachman tampil mengejutkan dengan keluar sebagai juara dunia kelas terbang mini versi Asosiasi Tinju Dunia (WBA). Ia memukul KO Kwanthai Sithmorseng, dari Thailand, Selasa lalu. Namun kemenangan Rachman itu tenggelam oleh pemberitaan pertarungan Chris John melawan Daud Yordan.

Rachman memukul KO juara dunia Kwanthai di ronde sembilan di Bangkok Thonburi University, Bangkok, Thailand. Ini merupakan gelar juara dunia kedua buat Rachman, yang pernah menyandang gelar juara dunia kelas terbang mini 47,6 kilogram versi IBF, empat tahun lalu.

Prestasi tersebut diukir oleh petinju bernama lengkap Mohammad Rachman Sawaludin saat usianya menginjak 40 tahun. Ia dilahirkan di Merauke, 23 Desember 1971. Rachman sempat dipukul jatuh oleh lawannya, yang 10 tahun lebih muda, di ronde kedua. Namun, setelah bangkit, Ia berhasil mendominasi pertandingan. Puncaknya pada ronde ke sembilan. Petinju Thailand itu tersungkur di kanvas setelah mendapat pukulan hook kanan di wajahnya.

www.AstroDigi.com


Saat Kwanthai bangkit, Rachman tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Ia terus menghujani lawannya dengan pukulan. Kondisi ini memaksa wasit Guillermo Perez Pineda dari Panama menghentikan pertarungan. Dengan kemenangan ini, Rachman mempertajam rekornya menjadi 63-10-5, 33 kemenangan diperoleh dengan meng-KO lawannya.

www.AstroDigi.com


Rachman merebut sabuk gelar juara dunia kelas terbang mini versi IBF pada September 2004. Ia mengalahkan petinju Kolombia Dabiel Reyes. Pada Mei 2006, Rachman berhasil memukul KO Omar Soto dari Meksiko pada ronde ke enam.

www.AstroDigi.com


Pada usia 35, Rachman berhasil mempertahankan gelar dengan memukul KO Benjie Sorolla, petinju Filipina, pada ronde ke-6. Namun gelarnya melayang saat meladeni petinju Filipina, Florante Condes, yang berjuluk Little Pacquiao pada 7 Juli 2007.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...