Wednesday, September 1, 2010

Wabah Rabies Di Bali Mengkhawatirkan


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Selasa, 24 Agustus 2010 | Anggota DPRD Bali mengkhawatirkan serangan rabies akan mengancam citra kepariwisataan Pulau Dewata. "Adanya peringatan dari Pemerintah Australia awal Agustus 2010, agar warganya yang berada di Bali untuk berhati-hati dengan serangan rabies, tentu mengancam citra pariwisata Bali," kata anggota DPRD Bali, Tjokorde Gede Ngurah di Denpasar, Selasa (24/8/2010).
Pada acara rapat koordinasi DPRD dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika beserta jajarannya itu, ia berharap kepada Pemprov agar masalah penyakit rabies ditangani secara serius karena sudah banyak warga yang meninggal akibat gigitan anjing yang terjangkit rabies tersebut.

Dikatakan, data yang tercatat di Dinas Kesehatan Bali menyebutkan kasus penyakit rabies akibat gigitan anjing bertambah sejak akhir 2008 hingga Juli 2010 mencapai 74 kasus, di antaranya 35 orang positif meninggal akibat rabies. "Penyakit ini sudah benar-benar mengkhawatirkan kita semua. Oleh karena itu kami juga berharap vaksinasi terhadap anjing dan eliminasi agar ditingkatkan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Provinsi Bali, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi, bahwa penyakit rabies sudah mengancam Bali, untuk itu agar pemerintah segera menentukan status anjing liar tersebut.

"Pada zaman Belanda ada istilah ’peneng’ sebagai tanda bahwa anjing tersebut ada pemiliknya. Anjing harus ada penengnya, kalau tak ada ya itu berarti liar," kata Ratmadi.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...