Friday, September 3, 2010

3 Orang Kanada Berhasil Pecahkan Rekor Tercepat Ke Kutub Selatan


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Jumat, 9 Januari 2009 | Tiga orang pengembara asal Kanada mengklaim telah memecahkan rekor mencapai Kutub Selatan lewat jalan darat dengan jalur tercepat. Mereka adalah Ray Zahab, Kevin Vallely, dan Richard Weber.

Ketiganya berhasil menyelesaikan jalur perjalanan sejauh 1.130 kilometer dalam 33 hari, 23 jam, dan 30 menit dari Teluk Hercules di Pulau Es Ronne hingga Kutub Selatan. Zahab menjelajah dengan berjalan kaki menggunakan sepatu khusus, sedangkan dua lainnya menggunakan peralatan ski yang membawa bekal seberat 77 kilogram. Saat malam hari, mereka tidur di dalam tenda.

Meski senantiasa dikelilingi daratan es yang sangat dingin, mereka mengaku dapat bertahan karena menjaga asupan 7000 kalori sehari. Setiap hari mereka mengonsumsi daging babi kering, keju, dan mentega. Zahab mengatakan sesekali ia memasak pizza.

Sakit kepala atau kulit melepuh sudah biasa. Bahkan mereka sempat dilanda "white-out". Lewat telepon satelit langsung dari Antartika, Zahab menggambarkan bagaimana rasanya saat kabut tebal yang dingin datang, menyelimuti mereka, kemudian seolah mengikat rapat-rapat seperti sebuah plester.

Zahab sebelumnya pernah menjelajahi Gurun Sahara. Namun, ia menyebut penjelajahan Antartika lebih melelahkan daripada menaklukkan Gurun Sahara.

Rekor yang dipecahkan ketiga penjelajah hanya terpaut beberapa hari dari rekor sebelumnya. Menurut ExplorersWeb.com rekor sebelumnya 39 hari 7 jam dan 49 menit yang dicapai penjelajah AS, Todd Carmichael, bulan lalu.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...