Friday, August 27, 2010

MICROHYLA NEPENTHICOLA, Katak Super Mungil Dari Sarawak


www.AstroDigi.com

Tribunnews.com | Kamis, 26 Agustus 2010 | Katak paling kecil di Asia ditemukan oleh tim ekspedisi di pulau Kalimantan
Coba perhatikan foto katak mungil itu, ukuran panjang dewasa cuma 1 sentimeter, warna merah agak orange dan hidup di atas daun yang kecil juga. Itulah jenis katak terkecil di Asia diberi nama Microhyla Nepenthicola.

Penemuan katak spesies baru itu sebenarnya sudah sejak 2004 di hutan Sarawak Malaysia, oleh tim ekspedisi kemudian kembali dipaparkan Agustus 2010 dalam jurnal Zootaxa sebagaimana dimuat bbc, Kamis (26/8/2010).

Katak yang dicontohkan itu jenis jantan dewasa, yang ditemukan tahun 2004. Tim peneliti menemukan katak itu ketika muncul dari tanaman kecil Nepenthes Ampullaria dimana dia hidup.

Tanaman itu hidup dari sampah organik yang dikumpulkan melalui alat penangkap berbentuk lubang. Katak kecil itu menggunakan tempat itu sebagai habitatnya.

Katak itu bertelur di sana dan ketika muncul kecebong mereka tinggal di atas bahan-bahan organik itu sampai mereka dewasa.

Selain ukurannya yang kecil, hewan amfibi ini memiliki ciri-ciri unik yang berbeda dengan spesies lainnya. Kalangan ilmuwan yakin bentuknya yang mungil mungkin diakibatkan tempatnya yang licin di tanaman tempat hidupnya.

Ilmuwan Indraneil Das dari Universiti Malaysia Sarawak dan Alexander Haas dari Universitas Hamburg, Jerman menemukan hewan itu dan melukiskan spesies yang diberi nama mirip tanaman dimana dia hidup

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...