Sunday, July 25, 2010

U2 Menjadi Band Terkaya 2010


www.AstroDigi.com

INILAH.com | 25 Juli 2010 | Band U2 diperkirakan telah meraup Rp1,1 triliun sepanjang tahun lalu. Hal itu yang membuat mereka menjadi band produktif tertinggi di dunia.

Band asal Irlandia itu menduduki puncak daftar Forbes Top-Earning Musicians of 2010, meskipun dengan terpaksa mereka gagal tampil dalam slot utama di Glastonbury dan membatalkan sejumlah tur Amerikanya baru-baru ini, setelah sang frontman, Bono, menderita cedera di bagian punggungnya.

The Business Publication mencatat bahwa hampir setengahnya dari 10 besar, juga menampilkan musisi seperti Bruce Springsteen, Madonna, dan AC/DC, yang telah berkarya lebih dari 25 tahun.

Sementara Lady GaGa yang merupakan nama paling terkenal belakangan ini mampu meraup Rp546 miliar. Semua keberhasilan yang dibuat Lady gaga adalah hal yang tak terduga.

AWalnya penyanyi berusia 24 asal New York ini tampil pada sebuah pertunjukan di Lower East Side Madison Square Garden. Dalam waktu 30 bulan ia langsung melonjak karirnya, berkat album yang terdengar seperti Madonna di era awal-awal terbaiknya dan video yang tampak seperti datang dari dimensi lain di mana ia memakai kacamata dengan membakar rokok.

Dengan menjalankan tur di seluruh dunia dan dukungan jutaan dolar dari Polaroid, Virgin Mobile dan Monster Cable, Lady Gaga meraup sekitar Rp837 miliar selama setahun terakhir, yang merupakan ketujuh tertinggi dalam daftar. Madonna yang berada di bawahnya hanya berhasil meraup sebanyak Rp783 miliar.

Coldplay yang menempati posisi kesepuluh setara dengan Rp409 miliar adalah satu-satunya band dari Inggris yang masuk dalam daftar.

Gary Bongiovanni dari Concert Trade publication Pollstar mengatakan kepada Forbes, sebuah fakta yang mengejutkan bahwa bisnis musik yang telah dijalaninya ternyata berjalan dengan baik meskipun industri musik kini sedang dilanda resesi.

"Zaman sekarang artis/musisi dunia harus melakukan tur untuk menghasilkan uang, karena mereka tidak bisa hanya duduk di rumah dan mengumpulkan royalti mereka serta mengharapkan hal tersebut dapat membayar cicilan rumah mereka begitu saja," katanya.

U2, AC/DC, Bruce Springsteen dan Madonna berhasil meraup sekitar Rp3,3 triliun antara Juni 2009 hingga Juni 2010, sedikit lebih besar dari separuh Rp6,3 triliun yang dihasilkan 10 artis dalam urutan bisnis musik versi Forbes yang telah berubah selama satu dekade terakhir ini.

AC/DC mengikuti U2 dengan memperoleh Rp1.026 miliar setelah menyelesaikan tur yang meraup Rp20,7 miliar hanya dalam semalam.

Album penjualan telah menurun drastis lebih dari setengahnya sejak tahun 2000, mencabut sumber pendapatan yang menguntungkan bagi para musisi dan salah satu cara tradisional musisi untuk menembus lahan mainstream.

Musisi mungkin kecil kemungkinannya menembus angka Rp900 miliar dalam pendapatan tahunannya pada tahun selanjutnya. Bisnis konser yang telah lama berdiri yang dianggap menjadi satu-satunya titik terang dalam industri ini, ternyata juga sedang lesu.

Live Nation, yang baru-baru ini bergabung dengan Ticketmaster untuk menjadi kekuatan paling dominan dalam bisnis konser, kini menjadi pemimpin dalam industri musik.

Baru-baru ini mereka mengumumkan bahwa penjualan tiket untuk 100 urutan artis teratas turun hingga 9% pada tahun ini, di tengah penurunan 17% dalam bisnis konser pada umumnya. Hal ini dapat memicu penurunan penjualan tikel selanjutnya.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...