Friday, July 30, 2010

Pria Lebih Sering Celaka Bila Berada Dekat Wanita Cantik


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Kamis, 04 Maret 2010 | Pria menjadi rawan celaka di depan wanita cantik, kata para ilmuwan kemarin.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan melihat wanita menarik membuat pria lebih cenderung untuk menuruti keinginan 'mengambil risiko fisik' yang menyebabkan kegagalan memalukan atau bahkan cedera.

Perubahan perilaku itu dipicu oleh peningkatan hormon pria testosteron yang membuat pria membuang sikap hati-hati, menurut psikolog di University of Queensland, Brisbane, Australia.

Mereka membuat penemuan setelah mempelajari pemain skateboard laki-laki muda.

Dalam tes, tim itu menggunakan pengamat laki-laki dan perempuan untuk melihat bagaimana pria melakukan manuver mereka di sebuah taman lokal.

Hasilnya mengungkapkan bahwa mereka mengambil lebih banyak risiko ketika mereka diamati oleh wanita yang menarik daripada ketika mereka diamati oleh seorang laki-laki.

Meningkatnya pengambilan risiko ini menyebabkan lebih banyak keberhasilan, tetapi juga lebih banyak kecelakaan pendaratan di depan pengamat perempuan.

Tes air liur mengukuhkan mereka telah meningkatkan kadar testosteron saat seorang wanita cantik berada di sekitarnya.

Profesor Bill von Hippel, yang memimpin studi, mengatakan ada alasan evolusi atas perilaku itu, yaitu 'strategi memperlihatkan seksual' yang bertujuan untuk menarik calon pasangan.

Profesor von Hippel berkata: "Secara historis, pria saling bersaing untuk mengakses wanita subur dan para pemenang dari kompetisi itu adalah orang-orang yang meneruskan gen mereka untuk generasi mendatang.

Studi Profesor von Hippel ini diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...