Thursday, February 18, 2010

Studi: Olahraga secara Rutin Pelihara Daya Ingat (Obat Ampuh Buat Yang Takut Pikun)


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Selasa, 26 Januari 2010 | Berolahraga secara rutin membantu orang tetap sehat secara fisik dan lebih tajam secara mental saat memasuki usia tua, demikian hasil empat studi yang disiarkan di Archives of Internal Medicine, Washington, Senin (26/1/2010).

Salah satu studi itu mendapati bahwa perempuan yang berolahraga selama berusia setengah baya—yang didefinisikan rata-rata berusia 60 tahun oleh para peneliti di Harvard School of Public Health, Brigham and Women’s Hospital, dan Harvard Medical School—memiliki kemungkinan lebih kecil setelah berusia 70 tahun untuk terserang penyakit kronis, operasi jantung atau fisik, dan gangguan mental atau daya ingatan.

Satu studi lain mendapati bahwa setahun pelatihan peregangan, satu atau dua kali per pekan, meningkatkan daya perhatian perempuan yang berusia setengah baya dan kemampuannya untuk menyelesaikan konflik.

Studi ketiga mendapati bahwa orang dewasa yang berusia 55 tahun dan lebih tua lagi yang terlibat dalam kegiatan fisik sedang atau tinggi menghadapi kemungkinan lebih kecil untuk mengalami gangguan daya kognitif dibandingkan dengan sebaya mereka yang kebanyakan duduk.

Dan perempuan yang berusia 65 tahun atau lebih tua yang ikut dalam program olahraga selama 18 bulan tampaknya memiliki tulang yang lebih padat dan risiko lebih kecil untuk terjatuh dibandingkan dengan perempuan dalam usia yang sama yang kurang mengikuti program "kebugaran" yang aktif, demikian hasil studi keempat.

Temuan mengenai studi itu, yang dilakukan di Kanada, Jerman, dan Amerika Serikat, boleh jadi adalah apa yang diinstruksikan para dokter untuk membuat lebih banyak orang Amerika berolahraga, kata penulis studi pertama.

"Karena penduduk Amerika dengan cepat menjadi tua dan hampir seperempat orang Amerika tak terlibat dalam kegiatan waktu luang apa pun, temuan kami tampaknya mendukung panduan federal berkenaan dengan kegiatan fisik guna mendorong kesehatan di kalangan orang yang berusia lanjut dan kesejahteraan dengan bertambahnya usia," kata para penulis studi itu.

"Pendapat bahwa kegiatan fisik dapat mendorong kelangsungan hidup secara lebih berhasil daripada hanya menambah usia mungkin memberi alasan yang sangat kuat bagi orang untuk memulai kegiatan fisik," kata mereka.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...