Tuesday, January 26, 2010

Garuda di Kaos Armani. Anggota DPR: Kalau Dipermasalahkan, Kita Jadi Bangsa Nggak Gaul



Laurencius Simanjuntak - detikNews - Jakarta
Kaos berlabel Armani Exchange (A|X), salah satu label dari rumah mode Giorgio Armani, dengan desain gambar mirip lambang negara, Burung Garuda, terus menuai polemik. Anggota Komisi I DPR, Ramadhan Pohan, adalah salah satu pihak yang tak terlalu ambil pusing dengan kaos kontroversial ini.

Sebab, kaos yang dilego nyaris Rp 300 ribuan itu hanya menampilkan gambar 'mirip' lambang negara.

"Itu kan mirip, tidak sama. Tidak ada masalah. Kalau kita permasalahkan, kita jadi bangsa yang naif dan nggak gaul dengan luar," kata Ramadhan saat berbincang dengan detikcom, Selasa (26/1/2009).

Menurut politisi Demokrat ini, kaos akan menjadi masalah serius jika desain mencampuradukkan lambang negara dengan unsur lain. "Kalau memang ada Bhinneka Tunggal Ika-nya, itu pelecehan terhadap lambang negara," kata Ramadhan.

Menurut dia, warga AS juga banyak yang meniru lambang negaranya untuk desain semisal kaos. Namun, mereka biasa-biasa saja karena memang tidak serupa.

"Kalau itu tetap dibaca bukan sebagai lambang negara, nggak ada masalah. Lambang negara itu integritas sebuah bangsa. Lambang negara disepelekan, kita juga disepelakan," kata politisi lulusan AS ini.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...