Friday, January 22, 2010

Apple Melarang Nokia Beredar Di Amerika



Restia Juwita, 18/01/2010 16:09 |Liputan6.com, California
Pertempuran antara pihak Apple dan Nokia kembali berkobar. Hal ini dipicu ketika produsen iPhone dari California melayangkan gugatan hukum untuk memblokir Nokia yang mengimpor ponselnya ke Amerika Serikat. Pihak Nokia berkeras tetap mempertahankan diri, bahkan siap bertempur melawan Apple di meja hijau. Demikian seperti dilansir Telegraph, Ahad (17/1).

Pada Oktober silam, Nokia mengajukan pengaduan dugaan bahwa Apple telah melanggar sepuluh hak paten yang berkaitan dengan GSM dan teknologi telepon seluler 3G. Perusahaan dari Finlandia ini menuduh Apple mengambil sebuah "tumpangan gratis di belakang inovasi Nokia" dan menuntut pembayaran royalti dari masing-masing perang iPhone yang dijual sejak 2007 [baca: Nokia Kembali Melawan Apple].

Apple tak mau kalah. Mereka kemudian meluncurkan countersuit kepada Nokia dan menuduh perusahaan tersebut "mencuri" teknologi dan melanggar 13 hak paten Apple. "Perusahaan-perusahaan lain harus bersaing dengan kami dengan menciptakan teknologi mereka sendiri, bukan hanya dengan mencuri milik kita," ucap Bruce Sewell, penasihat umum sekaligus Wakil Presiden Senior Apple.

Untuk pengaduan terbaru yang diajukan kepada Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC), Apple meminta agar Nokia dilarang menjual ponsel mereka di Amerika Serikat. Nokia juga telah mengajukan gugatan kepada ITC dengan menyatakan bahwa Apple melanggar tujuh paten dari dalam, "hampir semua dari ponsel Nokia, pemutar musik portabel dan komputer".

Menurut pakar analis, proses itu bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk mengakhiri pertempuran sengit mereka. "Fakta bahwa dua perusahaan terkemuka seperti sekarang mungkin akan mengajukan keluhan, dan ITC akan berusaha untuk menangani hal ini sebagai masalah yang mendesak," kata Ben Wood, kepala penelitian di CCS Insight.

Melawan hak paten adalah bagian dari pertempuran dan sangat menguntungkan pasar smartphone alias ponsel cerdas. Pangsa pasar ponsel Nokia secara keseluruhan jatuh ke 39pc pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 42pc.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...